Breaking

My First eBay Sale




Kurang lebih sebulan yang lalu, sejak PayPal di Indonesia bisa nerima uang, saya coba untuk jualan barang di eBay. Selama ini di eBay saya hanya sebagai pembeli saja (ini pun bukan saya pribadi yang beli, tapi teman-teman yang pinjam account eBay saya, karena saya sudah punya account PayPal), karena mau jualan gak bisa terima uang via PayPal.
Nah, barang pertama yang saya jual adalah action figure Doraemon. Tapi gagal. Gak ada yang nge-bid. Sesudah masa listing selesai, saya coba jual yang lain. Kali ini saya jual tempat penyimpanan obat yang bisa dibawa-bawa untuk 1 minggu supaya kita tidak lupa minum obat. Harganya murah, saya jual cuma $2.
Kesulitan yang saya hadapi waktu melisting barang di eBay adalah dalam menentukan ongkos kirim. Ongkos kirim dari Indonesia ke luar negeri tidak bisa otomatis muncul di eBay. Setelah saya cek, ternyata ongkos kirim kita ke luar negeri itu sangat beragam, tergantung negaranya. Saya bingung, koq bisa ya banyak penjual di eBay yang bisa langsung menentukan ongkos kirim? Dari Hong Kong ke Indonesia, misalnya, ongkos kirim yang diminta penjual yang saya pernah beli barangnya itu cuma $5.
Nah, karena tidak bisa menentukan ongkos kirim, saya tuliskan di description barang saya, bahwa untuk mengetahui ongkos kirimnya, pembeli harus kontak saya dahulu. Saya tuliskan juga bahwaongkos kirim mungkin lebih mahal daripada barang itu sendiri! Ini untuk menghindari tudingan bahwa saya adalah penjual yang tukang tipu karena menjual barang dengan harga murah tapi menarik ongkos kirim yang mahal.
Ternyata barang saya laku! Senang sekali rasanya :D Pembelinya adalah seorang wanita dari New York, Amerika. Namun kemudian muncul problem. Si pembeli sudah langsung mentransfer $2 ke account PayPal saya! Padahal $2 itu kan belum termasuk ongkos kirim. Saya langsung cek ongkos kirim ke New York lalu mengirim pesan kepada si pembeli bahwa ongkos kirimnya adalah $18. Ya, ongkos kirim dari Indonesia ke New York via EMS adalah $18. Itu lebih murah daripada menggunakan UPS maupun FedEx (saya cek secara online). Saya juga mengatakan kepada sang pembeli bahwa apabila ongkosnya kemahalan dan dia ingin membatalkan transaksi, saya akan kembalikan uang $2 nya ke account PayPal nya. Dan saya sudah memberikan feedback positif untuk dia.
Si pembeli beberapa hari kemudian membalas pesan saya. Ternyata dia adalah orang yang sangat baik hati. Dia mengatakan bahwa ini murni kesalahannya, dia tidak membaca deskripsi barang yang saya tulis. Dia menyangka bahwa ongkos kirimnya gratis! Makanya dia langsung bayar $2 itu. Dia mengatakan bahwa ongkos kirim $18 terlalu mahal, jadi dia tidak akan bayar $18 itu dan saya tidak perlu mengembalikan uang $2 itu. Dia juga sudah memberikan feedback positif untuk saya :) .
Tapi saya tetap mengembalikan $2 itu ke account PayPal dia. Saya tidak mau mendapatkan uang gratis begitu saja. Yah.. dihitung-hitung rugi sih. Biaya listing di eBay $0.4, lalu saya terima uang $2 dipotong biaya tinggal $1.62 (di PayPal kalau kita terima duit itu dipotong biaya lho), dan saya kembalikan $2 kepada si pembeli. Total uang yang saya keluarkan adalah $0.4 + $2 = $2.4, sedangkan yang saya terima $1.62 :(
Meskipun rugi (ruginya toh sangat sedikit), saya tetap senang karena saya sudah berhasil menjual barang di eBay (walaupun akhirnya gagal). Ini pelajaran berharga buat saya. Saya jadi tambah bersemangat untuk dagang lagi di eBay.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.