Panduan untuk Memulai Bisnis Kerajinan
- Jumlah orang yang ingin menghiasi lingkungannya dengan barang kerajinan asli yang mempunyai fungsi manfaat sehari hari di bandingkan dengan karya lukisan
- Peningkatan jumlah berbagai kursus kerajinan tangan yang memberikan pendapatan keuangan bagi yang menghasilkan hasil kerajinan berkualitas tinggi.
- Para wisatawan sekarang yang lebih menyukai membeli barang kerajian yang unik dari budaya yang asli untuk koleksi pribadinya , daripada souvenir kecil untuk keluarga dan teman.
Untuk memulai bisnis kerajinan tangan ada di pilih paruh waktu atau bekerja penuh, ada dua kemungkian untuk memulai bisnis ini antara lain : (1) produksi kerajinan, (2) penjualan kerajinan.
Namun, sebelum memulai kedua jenis operasi bisnis tersebut ada baiknya di perhatikan hal berikut ini :
- Memiliki kepastian bahwa orang ingin dan akan membeli kerajinan Anda.
- Memahami semua persyaratan usaha dan memiliki modal cadangan untuk memenuhi pengeluaran sebelum Anda mampu menghasilkan penjualan dan mendapatkan keuntungan.
- Memahami dasar-dasar mengelola, pembukuan , dan iklan.
Studio Desain dan Lokasi
Studio yang dibangun harus sesuai kebutuhan Anda dalam hal ukuran, keamanan, dan keselamatan. Bertujuan untuk efisiensi, sekaligus menciptakan ruang bekerja yang menyenangkan dan nyaman untuk mengunjungi. Bisa anda pertimbangkan sebuah studio merakap rumah rumah. Daftarkan nama bisnis dan alamat surat dan mendapatkan lini bisnis telepon terpisah. Hal ini memungkinkan Anda untuk:
- Beroperasi dengan overhead yang lebih rendah dan mulai dengan jumlah yang lebih kecil modal.
- Jam kerja yang fleksibel dan mulai secara paruh waktu.
- Klaim sebagian dari biaya rumah sebagai pengurangan pajak.
- Menghilangkan waktu perjalanan dan kerumitan.
- Jika operasi di rumah bukanlah pilihan, mempertimbangkan leasing lokasi yang terpisah. Konsultasikan dengan pengacara sebelum menandatangani perjanjiansewa. Cari di suatu daerah dengan banyak lalu lintas dan parkir nyaman.Pastikan bahwa setiap suara, asap dan lalu lintas yang Anda hasilkan dalam pekerjaan Anda tidak mempengaruhi tetangga Anda. Juga memastikan bahwa bangunan:
- Menawarkan ruang untuk memperluas, rak dan ruang penyimpanan, kantor dan area pengunjung, pintu yang lebar untuk menampung bahan dan daerah pick-up/delivery cocok.
- Memiliki layanan listrik yang efisien dan sistem ventilasi, terutama jika Anda menggunakan tungku bakar atau larutan yang beracun, plastik atau pewarna kimia.
Anda dapat menjual kerajinan Anda secara langsung dari studio Anda, atau melalui:
- Toko-toko eceran - Khusus kerajinan, hadiah, atau departemen store adalah cara yang paling populer menjual kerajinan, terutama jika Anda memproduksi dalam jumlah terbatas. Toko biasanya menjual karya Anda dengan harga ganda anda.Toko kerajinan secara tradisional dijual sebagian besar pada konsinyasi mereka membayar Anda hanya setelah mereka menjual karya Anda, menjaga 30-40%.Hal ini berubah meskipun sebagai pengrajin mendapatkan pengalaman bisnis yang lebih. Hati-hati dengan syarat dan kondisi penjualan konsinyasi.
- Galeri - Pilih dihormati, galeri terkenal. Taruh semua perjanjian secara tertulis sebelum memberikan pekerjaan Anda. Mintalah untuk menampilkan individu. Ini biasanya dilakukan secara konsinyasi, dengan galeri menjaga up to 50%. Anda mungkin diminta untuk membayar undangan atau minuman.
- Agen - Agen tidak umum digunakan untuk kerajinan tetapi dalam kasus-kasus tertentu, mereka dapat membantu untuk mempromosikan dan mengekspos pekerjaan Anda. Komisi biasanya berkisar antara 20 dan 50%.
- Perdagangan tarif dan expo - Ini adalah salah satu tempat terbaik untuk memperkenalkan produk Anda ke pembeli yang lebih luas banyak, baik lokal maupun internasional.
Ketika harga kerajinan Anda:
- Pendekatan Biaya: menambahkan semua pengeluaran Anda, termasuk bahan baku, tenaga kerja dan biaya overhead seperti sewa, pemanasan, iklan, serta faktor keuntungan.
- Pendekatan komparatif: berbicara dengan pengrajin lain dan pengecer; membandingkan harga dari barang serupa di toko-toko dan galeri.
- Pilih Harga dari dalam kisaran harga yang dibentuk oleh pendekatan dalam langkah 1 dan 2.
- Pembelian Bahan : Cari pemasok bahan dengan memeriksa pada Yellow Pages, majalah perdagangan dan asosiasi kerajinan lokal dan organisasi.
- Bandingkan harga, biaya pengiriman dan diskon volume pembelian.
- Rencana di muka, menggabungkan pesanan dan 'kelompok-pembelian' dengan pengrajin lainnya.
- Ambil keuntungan dari pembebasan pajak penjualan mungkin jika membeli dalam jumlah besar.
Sebuah reputasi untuk bekerja dengan baik adalah bentuk terbaik dari iklan.Ketika memulai Namun, mempertimbangkan metode ini:
- Menyewa ruang dipajang di sebuah mal belanja untuk akhir pekan.
- Tahan rumah terbuka yang juga dapat membantu untuk mengembangkan mailing list.
- Desain kartu nama dan pamflet yang menjelaskan dan menggambarkan pekerjaan Anda.
- Mengirim siaran pers ke redaksi fitur surat kabar dan majalah.
- Membangun portofolio potongan difoto, yang dapat sangat efektif saat bertemu dengan pemilik galeri, pengecer, arsitek atau desainer interior.
- Masukkan kompetisi yang menawarkan paparan dan sering kompensasi.
- Hak Cipta dan Merek Dagang
Hak Cipta
Merek dagang - merek dagang adalah kata, tanda, metode pewarnaan atau finishing khas yang jelas mengidentifikasi asal-usul atau kepemilikan item dan secara hukum dicadangkan untuk penggunaan eksklusif pemilik.
Pelabelan adalah alat pemasaran yang kuat dalam meyakinkan konsumen untuk membeli produk Anda. Oleh karena itu, membuat informasi pelabelan yang jelas dan relevan dengan kebutuhan konsumen dapat menjadi langkah penting ke arah patronase konsumen.
Sebagai kebijakan negara, pemerintah wajib menegakkan label untuk memungkinkan konsumen untuk mendapatkan informasi yang akurat untuk kualitas, sifat dan kuantitas dari isi produk konsumen. Persyaratan pelabelan minimum telah dikenakan untuk bisnis untuk mematuhi: seperti dagang terdaftar atau nama merek, nama bisnis dan alamat produsen atau importir, membuat umum atau bahan aktif, kuantitas isi bersih, dan negara produsen.
Jika bisnis kerajinan Anda mengembang, Anda harus mampu merekrut dan mempertahankan karyawan yang sangat baik. Didiklah diri Anda dalam semua bidang sumber daya manusia - bagaimana merekrut, wawancara, memotivasi, melatih dan mengembangkan kebijakan personil (upah, tunjangan).Mempromosikan pelatihan yang berkesinambungan dan peningkatan melalui program terkait dan program.
Tidak ada komentar: